Contoh surat keterangan kerja adalah pernyataan tertulis yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja saat ini atau sebelumnya dengan tujuan untuk memberikan informasi bahwa Anda ada seorang karyawan atau pernah bekerja di perusahaan itu.

Biasanya, surat keterangan kerja yang ditulis oleh divisi HRD ini dikenal dengan sebutan Paklaring. Surat tersebut dapat digunakan untuk melamar di tempat lain. Dengan demikian, HRD di tempat baru ini akan mendapatkan informasi detail soal riwayat pekerjaan di tempat kerja sebelumnya. 

Isi Contoh Surat Keterangan Kerja yang Benar

Perihal Surat

Sangat penting untuk membuat surat keterangan kerja dengan isi yang ringkas dan jelas. Hal terebut harus tertuang dalam perihal surat. Pada umumnya, di bagian perihal surat ini berisi tujuannya yang tidak lain dan tidak bukan adalah ‘Surat Keterangan Kerja’. 

  • Format Resmi

Yang perlu diperhatikan adalah surat keterangan kerja harus dibuat dalam format resmi. Ada beberapa elemen yang menunjukkan bahwa contoh surat keterangan kerja dari perusahaan tersebut ditulis dalam format resmi seperti logo perusahaan, alamat kantor, kop surat nama perusahaan, dan nomor telepon.

  • Menyertakan Informasi Detail

Di dalam surat ini perlu untuk disertakan beberapa informasi penting seperti nomor identitas karyawan, jabatan terakhir yang diemban serta biodata lengkap karyawan. Perusahaan pun terkadang menyertakan beberapa informasi tambahan seperti masa bakti karyawan. Anda juga dapat meminta bagian HRD untuk menyertakan informasi tambahan lain sesuai keperluan.

  • Dicap dan Ditandatangani

Surat keterangan kerja wajib untuk ditandatangani oleh bagian HRD atau pimpinan perusahaan dengan nama jelas yang tertera di bagian bawah surat. Surat pun harus dicap dan dilegalisir agar keabsahannya semakin nyata. 

  • Membersihkan Pernyataan Resmi

Setelah informasi penting sudah dimasukkan ke dalam bagian akhir contoh surat keterangan kerja tersebut, bagian HRD akan memberikan informasi bahwa surat keterangan tersebut benar adanya. Dan Anda memang merupakan karyawan di perusahaan itu. Kesan dan penilaian pun akan diberikan oleh pihak perusahaan terkait kinerja Anda selama mengabdi.

Baca Juga : 13 Bagian dan Contoh Kontrak Kerja Desain Interior yang Tepat

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Ketika ingin mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi yaitu menyertakan surat keterangan kerja dari perusahaan yang telah dilegalisir. Jangan lupa juga untuk menyertakan fotokopinya.

Setelah surat ini terlampir, Anda dapat mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan 10 hingga 30 persen meskipun Anda masih terdaftar sebagai karyawan di perusahaan itu.

  • Melamar Pekerjaan 

Fungsi contoh surat keterangan kerja yaitu untuk melamar ke perusahaan baru yang ingin Anda tuju. Calon perusahaan yang ingin dituju pun tentu akan mengetahui kualifikasi dan pengalaman yang Anda miliki. 

Selain itu, bagian HRD juga tahu perjalanan karier yang telah Anda lalui sebelumnya. Hal tersebut tentu saja menjadi catatan krusial ketika menjalani proses perekrutan.

  • Mengajukan Beasiswa

Surat keterangan kerja ini juga memiliki fungsi untuk mengajukan beasiswa melalui jalur profesional. Anda pun harus melampirkan surat keterangan kerja yang telah dilegalisir oleh perusahaan. Anda harus melampirkannya ke dalam proses pendaftaran melalui jalur profesional baik yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah atau pihak swasta.

  • Meminjam ke Bank

Untuk Anda yang ingin meminjam uang di Bank, surat keterangan kerja juga bisa digunakan. Pada dasarnya pihak Bank akan memverifikasi administrasi sebelum pinjaman diberikan. Salah satu administrasi yang diverifikasi salah satunya yaitu keterangan kerja. Tujuannya adalah agar Bank bisa memutuskan Anda memiliki kemampuan membayar atau tidak.

Bagaimana Jika Perusahaan Menolak Memberikan Surat Keterangan Kerja?

Apabila merujuk kepada Peraturan Menteri atau Undang-undang, maka perusahaan sudah seharusnya memberikan surat keterangan kerja untuk karyawan mereka.  Hal itu berlaku bagi pegawai yang sudah terkena PHK ataupun yang ingin mengundurkan diri dan juga yang statusnya karyawan kontrak atau tetap.

Apabila sebuah perusahaan tidak memberikan surat keterangan ini, maka akan dilakukan pemecahan permasalahan secara kekeluargaan. Apabila masih tidak berhasil juga, pihak karyawan dan perusahaan masuk ke ranah permasalahan hak bidang perburuhan atau ketenagakerjaan. 

Itu adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk membuat contoh surat keterangan kerja dengan berbagai macam fungsinya.

Contoh Format Surat Keterangan Kerja Karyawan Perusahaan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. Nama: Mario Multomo

Jabatan: Direktur Keuangan

Alamat: Jalan Abadi Sentosa. No. 41, Jakarta Barat 55203

Dengan ini menerangkan bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

  • Nama: Melati Susanti

Jabatan: Supervisor Keuangan

Alamat: Jalan Kembang Tahu No.34, Jakarta Selatan 12345

Adalah benar merupakan karyawan tetap PT. Damai Sejahtera Indonesia terhitung sejak tanggal 5 Mei 2020 sampai pensiun. Dan saat ini masih menjabat sebagai supervisor keuangan di perusahaan kami.

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta Barat, 15 Mei 2024

(Mario Multomo)

(Tanda tangan)

Direktur Keuangan

Itulah contoh surat keterangan kerja untuk perusahaan dengan format yang tepat. Semoga bermanfaat.

Cari Jasa Desain dan Kontraktor Interior Terpercaya?

Jika Anda mencari jasa desain dan kontraktor interior terpercaya dan berpengalaman, maka Decorus.id jadi jawaban. Karena kami menyediakan kebutuhan tim desainer sekaligus kontraktor yang siap mewujudkan interior hunian terbaik bagi Anda. Selain itu, kami juga menawarkan layanan custom furniture. Jika tertarik konsultasi terlebih dahulu, maka bisa hubungi nomor kontak kami di WA INI atau melalui email kami yang ada di decorusindonesia@gmail.com. Kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda.