
Cara Mengembangkan Bisnis Interior di Instagram Agar Lebih Dipercaya Pelanggan
Dalam suatu bisnis, cara mengembangkan bisnis interior di Instagram haruslah dimiliki agar suatu akun bisnis tersebut menjadi lebih dipercaya oleh pelanggan. Dua di antaranya adalah followers dan bagaimana akun tersebut di-manage. Di bawah ini merupakan beberapa contoh cara untuk mengembangkan bisnis interior di sosial media, khususnya Instagram.
4 Cara Mengembangkan Bisnis Interior di Instagram Agar Lebih Dipercaya Pelanggan
- Tentukan Rencana Sasaran Audience

Salah satu cara mengembangkan bisnis interior di Instagram terbaik namun sering terlewat adalah memastikan lingkup target audience untuk konten dalam akun bisnis Anda. Analisis behaviour dari pelanggan yang telah membeli produk dan akun bisnis lain yang menjadi kompetitor untuk melihat kelebihan dan kekurangannya. Hal itu bertujuan untuk membuat akun bisnis interior tetap terlihat berbeda dan memiliki ciri khas.
- Penggunaan Takarir yang Sederhana Namun Menarik
Takarir atau caption adalah teks yang mendeskripsikan konten yang diunggah dalam akun bisnis. Teks caption harus bersifat to the point tetapi tetap bisa menerangkan segala informasi yang hendak disampaikan agar tidak terjadi misskomunikasi atau kebingungan yang dirasakan oleh pengunjung.
Penggunaan teks dengan kata-kata yang disesuaikan dengan candaan masa kini juga bisa menjadi opsi. Selain itu, gunakan takarir singkat yang interaktif dan bersifat mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu. Anda bisa menambahkan emoji yang sesuai agar suasana konten terlihat lebih ramah dan menyenangkan.
- Hasilkan konten yang Unik dan Trendy
Reputasi dan ciri khas dari suatu bisnis interior dapat dibangun melalui konten-konten yang diunggah. Pastikan konten sesuai dengan tema dari akun bisnis interior serta mencapai target audience yang sudah ditentukan. Selain itu, konten harus dikemas secara menarik dan mampu menyampaikan informasi yang ingin diutarakan secara jelas dan tidak berbelit.
Narasi hendaknya diucapkan secara menarik dan relevan dengan trend konten masa kini agar audience tidak merasa bosan. Tonjolkan sisi unik dari bisnis interior Anda untuk menambah lingkup komunitas serta meningkatkan kredibilitas akun bisnis.
Baca Juga : Pemasaran Digital untuk Desainer Interior untuk Memperluas Target Pasar
- Pastikan Bio Instagram Jelas dan Menarik

Bio merupakan fitur dari Instagram yang umumnya diisi penjelasan singkat mengenai bisnis interior Anda, seperti sejak kapan berdiri, di mana lokasi bisnis berjalan, atau tagline singkat yang menjadi ciri khas. Dapat dikatakan, bio Instagram merupakan kartu nama yang disuguhkan secara digital agar pengunjung mengetahui secara singkat akun apa yang sedang dikunjungi.
Informasi yang disampaikan pada bio haruslah bersifat menarik dan memberi kesan yang kuat. Jelaskan esensi dari bisnis interior dalam kalimat singkat yang menonjolkan ciri khas dari akun bisnis interior yang dirangkum dengan bahasa rapi dan menarik.
Poin Penting yang Harus Diperhatikan Dari Akun Bisnis Interior
- Pastikan tema untuk feed linimasa akun Bisnis Interior
Dalam memilih tema untuk feed akun Instagram, pastikan tema tersebut merepresentasikan identitas dari bisnis interior yang sedang dijalankan. Selain itu, penggunaan tema harus konsisten agar ciri khas dari akun Instagram lebih mudah diingat dan memiliki kesan yang profesional.
Aspek-aspek tema yang harus diperhatikan meliputi desain yang disesuaikan dengan jenis konten, skema warna yang hendak dipakai, serta penataan gaya fotografi yang disamaratakan. Penataan feed yang memberi kesan terstruktur dan menyenangkan akan mempermudah Anda untuk membangun branding yang kuat lewat merek yang ditawarkan.
- Gunakan Nama yang Mudah Diingat
Pemilihan nama untuk bisnis Anda tidak boleh asal pilih. Username suatu akun Instagram akan merepresentasikan identitas brand saat pertama kali pengunjung mencari akun. Telusuri cara mengembangkan bisnis interior di Instagram dengan menentukan nama pengguna yang tepat.
Anda bisa menghindari penggunaan karakter seperti underscore atau titik yang berlebihan yang membuat pengunjung susah saat mengetik nama akun. Sesuaikan nama pengguna dengan brand yang hendak dibangun dengan menggunakan nama yang berkaitan dengan bisnis interior yang ditawarkan. Hal ini akan mempermudah para pengunjung untuk mengidentifikasi akun.
- Memaksimalkan Penggunaan Instagram Story
Story merupakan salah satu fitur Instagram yang bersifat real time dan memiliki kesan urgent karena durasi unggah yang hanya 24 jam. Story merupakan alat promosi yang ampuh untuk bisnis interior dengan menampilkan promosi terbaru atau testimoni dari pengunjung yang menggunakan jasa.
Banyak fitur dari Story yang bisa digunakan untuk mempromosikan akun Anda, di antaranya jajak pendapat, tanya-jawab, atau menambahkan link yang menuju portofolio interior yang telah dilakukan atau website resmi dari bisnis.
- Tetap Berinteraksi dengan Pengikut
Saat akun bisnis sudah dibuat, Anda tidak bisa serta merta hanya mengunggah postingan atau story yang tidak terkesan interaktif. Hal itu akan menyebabkan visibilitas akun bisnis interior melemah pada kolom pencarian serta tidak adanya bonding dan kesan mudah diingat dari audiens yang mengikuti akun.
Memiliki interaksi yang baik dengan pengikut merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis interior di Instagram efektif. Membalas komentar, menjawab pesan yang dikirim dengan interaktif dan menyenangkan merupakan contoh cara agar konten akun bisnis interior Anda lebih banyak muncul pada feed pengikut sesuai dengan kebijakan Instagram serta terlihat sebagai akun bisnis interior yang membuat pelanggan merasa nyaman dan senang.
Akun bisnis interior yang sudah memiliki kesan baik dari pengunjung akan tetap menjadi pilihan. Terutama saat mereka membutuhkan sesuatu yang berkaitan dengan interior karena kesan yang baik akan berhubungan dengan kepercayaan yang diberikan. Hal itulah yang dilakukan oleh Decorus.id saat menerapkan cara mengembangkan akun bisnis interior di Instagram untuk jasa desain interior Tangerang Selatan ini. Jika membutuhkan bantuan mengenai hal tersebut hubungi kami di nomor WA ini atau email decorusindonesia@gmail.com untuk konsultasi.